Kamis, 29 Desember 2011

0

Keluhan Penyakit dan Solusinya

Posted in

Serak dan kehilangan suara

Serak atau hilang suara hampir selalu disebabkan oleh laryngitis; radang dan pembengkakan pita suara yang mengganggu kemampuan getarnya yang normal dalam menghasilkan suara. Berbagai kemungkinan penyebab tersembunyi dalam hal peradangan ini. Kebanyakan bersifat ringan dan mudah diobati dirumah, tapi kasus yang berat dan kambuhan mungkin disebabkan hal yang lebih serius dan memerlukan dokter untuk diagnosa sedini mungkin dan mendapat pengobatan.

Nafas berbunyi

Nafas berbunyi sewaktu melepas nafas ketika sedang menderita pilek, bukanlah hal yang perlu dicemaskan, selama tidak terasa sulit untuk bernafas. Bunyi ini biasanya hanya dapat didengar melalui stetoskop dokter, tetapi dapat juga menjadi lebh jelas bila sedang menghembus dengan kuat (ketika berolahraga, misalnya). Bunyi keras, terutama bila disertai sesak nafas, atau terasa sakit ketika bernafas, bisa menandakan adanya beberapa penyebab lebih serius yang menuntut perhatian medis.

Batuk

Batuk,baik yang berdahak maupun yang kering, adalah respon wajar dari tubuh terhadap suatu benda asing atau penimbunan darah atau lendir, atau iritasi di paru-paru maupun tenggorokan, akibat demam, rokok, ataupun alergi. Namun kadang-kadang batuk menandakan adanya suatu kerusakan yang lebih serius di sistem pernafasan.

Kesulitan bernafas

Kesulitan bernafas meliputi keadaan dari nafas memburu sampai ke nafas tersengal, pada keadaan santai maupun setelah berolahraga. Gejala ini menunjukkan adanya kemungkinan kelainan pada jantung atau sistem pernafasan. Sulit bernafas yang terjadi mendadak di saat sedang makan, umumnya hanya karena tersedak, yang bisa diatasi seperti tertera pada kotak dihalaman sebelah. Mengingat adanya kemungkinan kelainan serius yang bisa mengancam suplai oksigen ke seluruh tubuh, segera carilah bantuan medis, jika timbul salah satu gejala seperti pada diagram diagnostik ini.

0 komentar: