Kamis, 29 Desember 2011

0

Cara Merkuri Meracuni Tubuh

Posted in
Merebaknya pelbagai penyakit yang diduga sebagai Penyakit Minamata di Teluk Buyat mengingatkan kembali kepada kita akan bahaya zat kimia merkuri atau yang sering kita sebut sebagai air raksa. Merkuri walaupun mengambil bentuk cairan sebenarnya masuk dalam kategori logam. Tidak seperti unsur logam lainnya misalnya Besi (Fe) atau Magnesium (Mg) yang dibutuhkan tubuh untuk penguatan tulang. Merkuri sama sekali tidak dibutuhkan kehadirannya dalam tubuh kita.

Oleh sebab itu, kehadiran merkuri dalam tubuh walaupun sedikit atau berada di bawah ambang batas toleransi tetap membahayakan kesehatan. Secara langsung merkuri akan memberikan efek negatif terhadap kulit dalam bentuk ruam-ruam yang menimbulkan gatal, benjolan di bagian tertentu, dan dalam jangka waktu tertentu merusak ginjal. Bahkan senyawa merkuri tertentu seperti metil merkuri dalam dosis dua tetes saja yang jatuh mengenai kulit sudah cukup untuk membawa kita kepada kematian dalam jangka waktu 2 hari saja.

Merkuri dan turunannya banyak sekali ditemukan disekitar kita. Ia dengan mudah kita temukan di berbagai macam produk, bahkan di dalam produk makanan, yang boleh jadi terkontaminasi oleh merkuri karena polusi atau dicurigai memang merupakan bagian dari kandungan produk makanan itu sendiri! Bahkan Pemerintah di negara-negara Skandinavia (seperti : Negara Swedia, Denmark, Norwegia) telah memberikan peringatan kepada rakyatnya bahwa diindikasikan beberapa sabun mandi pemutih mengandung zat berbahaya bagi kesehatan yaitu merkuri.

Beberapa produk pemutih meliputi sabun dan kosmetika yang diindikasikan palsu atau kosmetika yang tidak terdaftar di Badan POM diketahui mengandung merkuri. Pemakaian yang tidak bijaksana dari produk pemutih seperti ini akan menimbulkan efek negatif berupa timbulnya belang berupa gelap-terang pada kulit. Dalam jangka panjang kandungan merkuri tsb akan meresap ke tubuh melalui kulit untuk kemudian terakumulasi dalam tubuh.

Ketika akumulasi merkuri dalam tubuh sudah melewati ambang batas toleransi yang bisa diterima oleh kesehatan tubuh akan timbul gejala keracunan merkuri dalam bentuk kerusakan ginjal dan gangguan kerja syaraf baik otak maupun tulang belakang. Pada gilirannya gejala ini akan menimbulkan kematian bagi yang mengalaminya.

Merkuri dilepaskan ke atmosfer melalui pelbagai kegiatan manusia, utamanya berasal dari pembakaran sampah rumah tangga dan limbah industri, dan khususnya pembakaran bahan bakar fosil seperti batubara. Asap yang mengandung merkuri dapat dengan mudah ditras-portasi- kan melalui udara dan mengendap di daratan serta air.

Melalui rantai makanan merkuri terserap ke dalam ikan atau binatang lainnya. Kontaminasi merkuri juga sering ditemukan di dalam produk makanan seperi sayuran , daging, dan ikan. Nah.., dari sekian banyak produk makanan maka ikan adalah yang paling sering terkontaminasi merkuri.

Merkuri secara langsung digunakan sebagai komponen tambahan dalam pelbagai produk. Bahkan banyak produk keperluan rumah tangga yang mengandung merkuri. Secara umum saat ini penggunaan merkuri dalam produk keperluan rumah tangga terus menurun dibandingkan sekitar 10 tahun lalu. Tetapi dalam jumlah tertentu merkuri masih terdapat pada produk-produk yang kita beli khususnya produk kelengkapan untuk rumah tangga. Merkuri dapat ditemukan dalam kandungan cat, barang-barang plastik PVC, dan juga ditemukan dalam pelbagai mainanan anak-anak yang dicat warna-warni. Maka dari itu... Waspadalah!!

0 komentar: